Makalah Kewirausahaan: Teknik Komunikasi Efektif

 PENDAHULUAN

1.1. Latar Belakang

Komunikasi merupakan satu faktor yang menentukan kebahagiaan manusia, komunikasi juga faktor paling penting untuk menjalin hubungan yang rapat dengan seorang manusia lain. Manusia berkomunikasi karena ada beberapa tujuan yang hendak dicapai. Tujuan pertama, individu berkomunikasi dengan manusia lain adalah karena individu tersebut hendak memahami orang lain. Individu hendaknya mengenali siapa mereka, siapa diri mereka, apa yang mereka pikirkan, apa yang mereka rasakan dan macam-macam lagi konteks kalimat berkenaan dengan dirinya. Menurut Smith (1966), komunikasi manusia adalah satu rangkaian proses yang harus yang digunakan manusia untuk berinteraksi, mengawali antara satu sama lain dan memperoleh kepahaman. Komunikasi adalah bentuk interaksi secara lisan atau bukan lisan di antara suami dan isteri, orangtua dan anak, dan dapat juga interaksi dari semua anggota keluarga. Ini termasuk pernyataan sikap, nilai, minat, kepercayaan, perasaan dan pemikiran dalam kehidupan hari-hari.

Komunikasi efektif merupakan Komunikasi yang mampu menghasilkan perubahan sikap (attitude change) pada orang yang terlibat dalam komunikasi. Kita harus sadar akan pentingnya komunikasi khususnya komunikasi efektif, agar segala sesuatu yang kita tampilkan dan lakukan adalah komunikasi, maka penampilan dan segala sesuatu yang kita lakukan merupakan pesan.

Komunikasi tidak terbatas pada kata-kata yang terucap belaka, melainkan bentuk dari apa saja interaksi, senyuman, anggukan kepala yang membenarkan hati, sikap badan, ungkapan minat, sikap dan perasaan yang sama. Diterimanya pengertian yang sama adalah merupakan kunci dalam komunikasi.

1.2. Rumusan Masalah

1. Apakah pengertian dari Teknik Komunikasi yang efektif?

2. Bagaimana cara melakukan Teknik Komunikasi yang efektif?

3. Apa sajakah macam dari Teknik Komunikasi yang efektif?

4. Mengapa perlu teknik komunikasi yang efektif?

1.3. Tujuan

1. Mengetahui pengertian teknik komunikasi efektif.

2. Mengetahui macam-macam teknik komunikasi efektif.

3. Mengetahui cara melakukan teknik komunikasi efektif.

4. Mengetahui manfaat teknik komunikasi efektif.

5. Mengetahui waktu teknik komunikasi efektif dipergunakan.

PEMBAHASAN

2.1.      Pengertian Teknik Komunikasi Efektif

Komunikasi Efektif adalah komunikasi yang mampu menghasilkan perubahan sikap (attitude change) pada orang yang terlibat dalam komunikasi dan saling bertukar informasi, ide, kepercayaan, perasaan dan sikap antara dua orang atau kelompok yang hasilnya sesuai dengan harapan.

2.2. Komponen Komunikasi Efektif

Johnson, Sutton dan Harris (2001: 81) menunjukkan cara-cara agar komunikasi efektif dapat dicapai. Menurut mereka, komunikasi efektif dapat terjadi melalui atau dengan didukung oleh aktivitas role-playing, diskusi, aktivitas kelompok kecil dan materi-materi pengajaran yang relevan. Meskipun penelitian mereka terfokus pada komunikasi efektif untuk proses belajar-mengajar, hal yang dapat dimengerti di sini adalah bahwa suatu proses komunikasi membutuhkan aktivitas, cara dan sarana lain agar bisa berlangsung dan mencapai hasil yang efektif. Menurut Thomas Leech dalam bukunya “Say it like Shakespeare”. Ada lima komponen atau unsur penting dalam komunikasi yang harus kita perhatikan yaitu:

1. Pengirim pesan (sender).

2. Pesan yang dikirimkan (message).

3. Bagaimana pesan tersebut dikirimkan (delivery channel atau media).

4. Penerima pesan (receiver).

5. Umpan balik (feedback).

Leech menambahkan, bahwa untuk membangun komunikasi yang efektif, setidaknya kita harus menguasai empat keterampilan dasar dalam komunikasi, yaitumembaca-menulis (bahasa tulisan) dan mendengar-berbicara (bahasa lisan). Begitu pentingnya, banyak orang menghabiskan waktunya untuk melakukan,paling tidak,salah satu keempat keterampilan itu.

Komunikasi efektif tejadi apabila sesuatu (pesan) yang diberitahukan komunikator dapat diterima dengan baik atau sama oleh komunikan, sehingga tidak terjadi salah persepsi. Komunikasi adalah sebuah kegiatan mentransfer sebuah informasi baik secara lisan maupun tulisan. Namun, tidak semua orang mampu melakukan komunikasi dengan baik. Terkadang ada orang yang mampu menyampaikan semua informasi secara lisan tetapi tidak secara tulisan ataupun sebaliknya.

2.3. Ciri-Ciri Komunikasi Efektif

Istilah: Penggunaan istilah yang diartikan “sama” antara pengirim dan penerima pesan merupakan aturan dasar untuk mencapai komunikasi yang efektif. Kata – kata yang samar artinya ( mempunyai lebih dari satu makna) dapat menimbulkan kebingungan dan salah pengertian.

SpesifikPesan yang di pertukarkan harus spesifik. Maksudnya, pesan yang disampaikan harus jelas, sehingga si penerima pesan dapat menerima dan mengulangi dengan benar.

Tersusun BaikPesan harus berkembang secara logis dan tidak boleh terpotong-potong.

Objektif, akurat, dan aktual: Pengirim informasi harus berusaha menyampaikan pesan seobjektif mungkin.

Efisien: Pesan di sampaikan seringkas dan seoriginal mungkin serta harus berusaha untuk menghilangkan kata yang tidak relavan.

2.4. Manfaat-Manfaat Komunikasi Efektif

Hewitt (1981), menjabarkan tujuan penggunaan proses komunikasi secara spesifik sebagai berikut:

1. Mempelajari atau mengajarkan sesuatu.

2. Mempengaruhi perilaku seseorang.

3. Mengungkapkan perasaan.

4. Menjelaskan perilaku sendiri atau perilaku orang lain.

5. Berhubungan dengan orang lain.

6. Menyelesaian sebuah masalah.

7. Mencapai sebuah tujuan.

8. Menurunkan ketegangan dan menyelesaian konflik.

9. Menstimulasi minat pada diri sendiri atau orang lain.

2.5. Cara Melakukan Komunikasi Efektif

Bersikap Ramah
Dalam sebuah hubungan antarpersonal seseorang harus bersikap ramah, sopan dan menyenangkan agar selalu muncul rasa nyaman dalam menjalani hubungan. Sikap arogan, egois, dan temperamen harus sebisa mungkin dihindari karena itu dapat membuat orang dalam hubungan itu menjadi tidak nyaman dan mungkin merasa terganggu.

Berbicara dengan Jelas 
Berbicara dengan orang lain penting menggunakan suara yang tegas dan jelas. Karena ketika kita sedang berbicara dengan orang lain memakai suara yang kecil, pendengar akan kesulitan mendengar suara kita.

Santai
Kita dapat menjadi komunikator yang baik jika kita dapat berbicara dengan santai. Hindari berbicara cepat karena akan sulit di pahami oleh pendengar. 

Variatif/Tidak Monoton
Kita tentu tidak ingin berbicara dengan orang lain menjadi bosan. Buatlah pendengar kita menjadi asyik mendengar apa yang kita omongkan dengan cara membuat suara yang variatif atau topik yang bermacam-macam.

Dengar dan Pahami
Komunikasi adalah proses komunikasi dua arah.kita perlu mendengar dan memahami apa yang di katakan orang lain jika ingin berkomunikasi secara efektif kepada mereka.Orang lain juga akan kehilangan minat berbicara dengan kita. Berikan kesan bahwa anda antusias berbicara dengan mereka. Beri mereka kesan bahwa anda lebih suka berbicara dengan mereka daripada orang lain di muka bumi ini. Ketika anda memberi mereka kesan bahwa anda sangat antusias berbicara dengan mereka dan bahwa anda peduli kepada mereka, anda membuat perasaan mereka lebih positif dan percaya diri. Mereka akan lebih terbuka kepada anda dan sangat mungkin memiliki percakapan yang mendalam dengan anda.

PENUTUP

Komunikasi Efektif adalah komunikasi yang mampu menghasilkan perubahan sikap (attitude change) pada orang yang terlibat dalam komunikasi dan saling bertukar informasi, ide, kepercayaan, perasaan dan sikap antara dua orang atau kelompok yang hasilnya sesuai dengan harapan.

Ada lima komponen atau unsur penting dalam komunikasi yang harus kita perhatikan yaitu: 

a. Pengirim pesan (sender).

b. Pesan yang dikirimkan (message).

c. Bagaimana pesan tersebut dikirimkan (delivery channel atau media).

d. Penerima pesan (receiver).

e. Umpan balik (feedback).

Ciri-Ciri Komunikasi Efektif antara lain:

a. Istilah.

b. Spesifik.

c. Tersusun baik.

d. Objektif, akurat, dan actual.

e. Efisien.

Manfaat komunikasi yang efektif antara lain :

a. Mempelajari atau mengajarkan sesuatu.

b. Mempengaruhi perilaku seseorang.

c. Mengungkapkan perasaan.

d. Menjelaskan perilaku sendiri atau perilaku orang lain.

e. Berhubungan dengan orang lain.

f. Menyelesaian sebuah masalah.

g. Mencapai sebuah tujuan.

h. Menurunkan ketegangan dan menyelesaian konflik.

i. Menstimulasi minat pada diri sendiri atau orng lain.

Cara melakukan komunikasi efektif antara lain :

a. Bersikap ramah.

b. Berbicara dengan jelas.

c. Santai.

d. Variatif atau tidak monoton.

e. Dengar dan pahami.

Daftar Pusaka

Anonymous. Teknik Dasar Komunikasi Efektif. http://www.komunikasipraktis.com/2014/09/teknik-dasar-komunikasi-efektif.html. Diakses tanggal 12 April 2016.

Parnando, Edo. 2013., Komunukasi Efektif. https://edoparnando27.wordpress.com/komunikasi-efetif/. Diakses tanggal 12 April 2016.

Sari, Indah. 2015., Komunikasi Efektif.

http://www.slideshare.net/IndahSari48/komunikasi-efektif-48372782.Diakses tanggal 12 April 2016


Komentar

Yang lagi trending

Sistem Kontrol Dasar: Apa itu Zero-Pole-Gain??

Sistem Kontrol Dasar: Cara Merepresentasikan Sistem Dinamik

Perbedaan class dengan struct pada bahasa C++